Patung Dada Perunggu

patung-dada
patung dada perunggu Jcm Radermacher koleksi Museum Nasional Jakarta

​Tulisan mengenai patung dada perunggu ini adalah gabungan dari beberapa tulisan yang sudah ada sebelumnya dengan topik yang sama; patung dada, patung torso, patung setengah badan. Kami gabungkan supaya Anda memperoleh informasi lebih komprehensif.

Tulisan patung torso atau setengah badan menggunakan bahan perunggu ini juga merupakan salah satu bentuk dokumentasi pekerjaan yang pernah kami tangani.

Membuat Patung dada Perunggu Tokoh VOC

Pembuatan patung dada perunggu tokoh JACOBUS CORNELIS MATTHEUS RADERMACHER, seorang intelektual VOC yang hidup di tahun 1741 – 1783.

Pemberi pekerjaan dan pemilik patung adalah Museum Nasional Jakarta yang juga menjadi tempat patung ini akan didisplay.

Radermacher adalah seorang intelektual di bidang botani yang menjadikan tempat tinggalnya sebagai pusat perpustakaan dan pusat komunitas ilmuwan batavia berkumpul. Belakangan rumah tempat tinggal inilah akhirnya menjadi Gedung Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta.

Data Patung :

  • Teknik Pembuatan: cor Perunggu
  • Ukuran Patung: Tinggi 60 cm
  • Dudukan: Pustek kayu jati tebal 3 cm.
  • Tinggi dudukan kayu 90 cm.

Patung Dada Tokoh Pendiri RRI

patung-r-maladi
patung R. Maladi tokoh Pendiri RRI

Dalam waktu tiga bulan yang disediakan, kami diharuskan menyelesaikan pembuatan patung dari tiga figur yang sangat berjasa besar pada eksistensi Radio Republik Indonesia pada awal kelahirannya. Tokoh yang sangat tidak asing wajah dan namanya pada masa awal berdirinya republik ini pada masa presiden Soekarno sampai dengan masa awal orde baru, khususnya di dunia penyiaran radio dan jurnalistik; yaitu R. Maladi, Yusuf Ronodipuro dan Abdurrahman Saleh, yang juga dikenal sebagai salah satu pilot penerbang awal yang dimiliki Indonesia.

Menyebut peran tokoh yang kami buat patungnya, tentu saja patung ini berkait dengan salah satu institusi penyiaran publik pelat merah alias milik pemerintah, yaitu Radio republik Indonesia atau disingkat RRI. Pekerjaan pembuatan patung  yang dipercayakan kepada kami ini mulai dikerjakan pada bulan Juli 2017, dan kami kirim dan pasang pada tanggal 11 September, tepat pada perayaan Hari Ulang tahun RRI.

Saat ini patung ketiga tokoh tersebut dipajang di Auditorium RRI yang beralamat di Jalan Merdeka Barat , Jakarta Pusat.

Data Patung :

  • Teknik Pembuatan:  menggunakan teknik cor,
  • Ukuran Patung: Tinggi 55-60 cm,
  • Dudukan: Solid Surface.
  • Tinggi dudukan kayu 90 cm.
  • Plat Label: Plat Kuningan Etsa

Cara dan tahapan Pembuatan Patung Dada Perunggu

Referensi Gambar

Proses pembuatan patung dada diawali tentu saja dengan studi kecil untuk pengumpulan data fisik dan foto-foto dari tokoh yang akan dibuat patungnya. Data yang lengkap akan sangat membantu menghasilkan visual patung dada yang dihasilkan. Data yang kami butuhkan diantaranya  adalah tinggi badan (kalau ada data berat badan juga akan membantu), ciri-ciri fisik, dan yang terpenting adalah foto-foto terutama wajah  sesuai kronologi waktu. Semakin banyak foto dari berbagai angel yang tersedia, semakin membuat  visual patung lebih mendekati kondisi asli.

Dalam kontek pekerjaan ini, beruntung kami dibantu oleh rekanan yang bersusah payah menyediakan data-data yang kami perlukan. Setelah data dirasa cukup, baru kami memasuki tahap berikutnya, yaitu modeling patung.

Menjadi kesulitan dalam pembuatan patung dada adalah ketidakcukupan data referensi. Ini yang kita temui saat membuat patung tokoh Radermacher.  Data mengenai tokoh ini sangat minim. Selain berpatokan pada foto yang tersedia yang jumlahnya sangat minim, kami melakukan studi online termasuk menghubungi Tropen Museum Belanda untuk memperoleh sebanyak mungkin referensi mengenai latar belakang tokoh bersangkutan.

Perbandingan mengenai pakaian, topi tricorn, gaya rambut dan dasi/cravat yang sedang menjadi trend pada masanya kami lakukan, sehingga diperoleh gambaran yang lebih jelas untuk membuat patung tokoh ini.

Modeling Patung

Modelling patung dada diawali dengan penentuan ukuran patung yang akan dibuat, untuk ukuran tinggi patung dada ( terkadang disebut patung setengah badan, meskipun ini sebutan salah kaprah )  berada dikisaran 1/3 dari tinggi badan, dan bukan setengah badan.

Alas patung dibuat menggunakan bahan kayu dan pastikan kuat dan ketinggiannya rata. Menggunakan kayu yang kuat dan tidak mudah lapuk karena tergantung membuat patung wajah membutuhkan waktu lama, bisa berbulan-bulan. Sedangkan untuk memastikan permukaan rata, penggunaaan bantuan waterpass akan sangat membantu.

Cetakan Patung Dada

Proses pembuatan patung melalui 2 tahap pembuatan cetakan;

Cetakan pertama untuk membuat patung dada tokoh bersangkutan menggunakan bahan fiber. Untuk persiapan pengecoran perunggu, patung dada fiber ini dijadikan mal untuk membuat cetakan pengecoran perunggu. Seluruh proses berlangsung selama hampir 3 bulan di workshop kami di Yogyakarta.

Foto Proses Pembuatan Patung Dada Perunggu

Berikut foto mengenai proses pembuatan patung dada   yang telah kami lakukan.

model patung dada
model patung dada tanah

embuat patung perunggu

Penutup:

Membuat patung dada hakikatnya adalah membuat patung potret yang membutuhkan skill khusus, tidak semua pematung dapat melakukannya dengan baik.  Namun,  kami sudah melakukannya, dan hasilnya memperoleh apresiasi positif.

Silahkan hubungi atau kunjungi tempat pembuatan patung kami apabila ingin memperoleh info lebih lanjut mengenai pembuatan patung dada perunggu.

Foto lengkap mengenai portfolio patung dada yang kami kerjakan silahkan lihat di halaman facebook kami album portfolio patung dada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *