Patung Fiber dan Resin: Mengenal patung

Tutorial Patung Fiber

patung-fiber
patung fiber dengan desain dewi romawi

Istilah penyebutan:

Patung fiber adalah sebutan untuk semua patung dibuat menggunakan bahan resin dan fiberglass. Di praktek keseharian terdapat empat sebutan untuk jenis patung ini:

  • Patung fiber, istilah ini paling populer digunakan karena ada kesengajaan untuk menyebut secara singkat, mudah diucapkan, juga mudah diingat.
  • Patung Fiberglass, istilah berdasar salah satu materialnya yaitu kaca serat, dalam bahasa Inggris fiberglass. Salah satu material utama pembentuknya.
  • Patung Resin, sebutan lebih ditik beratkan pada material bahan utamanya yaitu resin.  Patung resin dapat dibuat menggunakan serat kaca ataupun tanpa serat kaca. Patung resin tanpa fiberglass biasanya digunakan untuk patung berukuran kecil, dan atau dipandang tidak mudah patah.
  • Patung Resin Fiberglass, ini adalah sebutan lengkap dan sebenarnya ini yang paling benar.

Komponen patung fiber:

  • Resin adalah bahan kimia dengan tampilan menyerupai getah. (dalam bahasa inggris, resin diterjemahkan sebagai getah). Bisa diartikan resin adalah getah sintetis/getah buatan. Kaitan dengan pembuatan patung, resin yang digunakan adalah jenis butek/keruh dengan merk dan seri yang beraneka macam. Paling terkenal adalah Arindo, Eternal, SHCP, Yukalac, dan Chemset.
  • Fiberglass adalah kaca yang dibuat dalam bentuk serat. Fiberglass adalah kata dalam bahasa inggris yg diterjemahkan menjadi serat kaca. Berfungsi memperkuat badan patung sehingga tidak mudah patah.
  • Material pengisi; Material pengisi patung jenis ini adalah serbuk talk (talc powder). Kalau untuk membuat patung batu cetak, menggunakan serbuk batu sebagai isian

Cetakan patung

Cetakan (mould dalam bahasa Inggris) adalah mal atau acuan berfungsi sebagai alat pembentuk patung. Tanpa cetakan, patung fiberglass resin  tidak bisa diproduksi. Meskipun hanya membuat 1 buah patung, cetakan tetap harus ada.

Cetakan juga berfungsi untuk membuat reproduksi patung sesuai jumlah yang diinginkan.

Cetakan patung dapat dibuat menggunakan bahan fiberglass ataupun cetakan silikon. Penggunaannya tergantung model patung yang akan dibuat. Cara membuat cetakan patung, silahkan baca di tautan ini

Definisi Patung

Banyak variasi definisi patung. Namun, secara umum kami sederhanakan    menjadi: bentukan tiga dimensi yang sengaja dibuat untuk maksud dan tujuan tertentu. Patung bisa berbentuk figure, bentuk geometrik, atau abstrak.

Konklusi

Patung fiber adalah bentukan tiga dimensi dibuat menggunakan bahan adonan resin dan talc powder, diperkuat dengan fiberglass, dibentuk menggunakan cetakan dan dibuat untuk tujuan tertentu.

Patung Resin adalah untuk menyebut patung dibuat menggunakan bahan resin, bisa menggunakan fiberglass ataupun tidak, bisa dengan material pengisi ataupun tidak, dibentuk menggunakan cetakan, dan dibuat untuk tujuan tertentu.

Patung Fiberglass memiliki pengertian yang sama, hanya variasi istilah penyebutan yang berbeda.

Dari sini , mudah-mudahan dapat dipahami perbedaan antara patung resin dan fiber dan patung fiberglass.

Kegunaan Patung Fiber

Kegunaannya mengikuti  pembagian besar fungsi dan jenis patung pada umumnya. Yaitu digunakan sebagai:

  • Patung Dekorasi. Patung difungsikan sebagai elemen memperindah serta menambah fungsi bangunan atau taman.
  • Patung Rohani atau Patung Religi. Patung digunakan untuk kegiatan rohani khusus bagi pengikut keyakinan tertentu.
  • Patung Monumen. Patung digunakan untuk menandai suatau peristiwa atau keberadaan seseorang.
  • Patung Komersial. Patung digunakan dalam kegiatan komersial sebuah entitas perusahaan komersial.

Cara Membuat Patung Fiber.

Detil mengenai cara pembuatan patung fiber, silahkan kunjungi tautan ini

Tulisan ini adalah pengantar tulisan berikutnya yang akan membahas lebih detil mengenai patung fiber. Semoga memberi tambahan wawasan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *