Membuat Patung Tokoh Pahlawan

membuat-patung-tokoh-pahlawan
membuat patung tokoh pahlawan

Kami melayani jasa membuat patung pahlawan dan patung tokoh dalam format patung dada, patung setengah badan atau patung seluruh badan, menggunakan bahan fiberglass dan perunggu.

Tulisan mengenai pembuatan patung tokoh dan patung pahlawan ini merupakan gabungan dari beberapa tulisan pada blok lama kami.  Digabung menjadi satu tulisan supaya Anda lebih efisien waktu, namun memperoleh data lebih komprehensif.

Berbeda dengan tulisan terdahulu mengenai pembuatan patung dada perunggu,  dalam bahasan kali ini kami akan menuliskan pembuatan patung tokoh dan pahlawan dalam format patung dada / patung torso /setengah badan / patung bust namun menggunakan bahan fiberglass. Atau populer disebut patung dada fiber.

Patung Tokoh Misionaris  Papua

Untuk kesekian kali, kami dipercaya melaksanakan pembuatan patung dada tokoh untuk koleksi museum. Kali ini adalah membuat tiga patung torso tokoh misionaris Papua. Dibuat untuk mengisi salah satu museum di Manokwari, Papua Barat.

patung-dada-tokoh

Tiga tokoh yang dibuatkan patungnya  adalah Carl William Ottow dan Johann Goeteb Geissler berkebangsaan Jerman, serta Johannes Lodewijck van Hasselt dari Belanda. Ketiganya adalah pionir zending/zendeling di wilayah Manokwari. Missionaris pada awal perkembangan masuknya agama khatolik di Manokwari, sekarang menjadi bagian dari Propinsi Papua Barat.

Patung Wajah Eropa

Ini adalah kesempatan ketiga, kami membuat patung wajah manusia eropa, keturunan ras Neandertal, dengan ciri-ciri fisik yang khas, terutama pada bagaian tulang hidung dan dahi. Anda bisa saksikan kami membuatnya dengan pas. Bandingkan dengan pekerjaan pembuatan patung wajah eropa kami yang lain disini.

Layaknya setiap proses pembuatan patung tokoh, kami harus mengumpulkan data sebanyak mungkin tentang latarbelakang sang tokoh. Karena tidak ada data lain selain yang diberikan oleh pemberi kerja, maka kami berusaha menambah data melalui pencarian di internet.

Dari semua data yang terkumpul, dimulailah proses pembuatan patung dada melalui tahap modelling dari tanah liat. Berulang kali revisi model dilakukan untuk mencapai bentuk wajah seperti diharapkan.

Patung fiber cor penuh

Berbeda dengan pembuatan patung dada lain, patung ketiga tokoh ini dibuat cor penuh. Badan patung menjadi masif dan berat. Ini menjadi perhatian kami, mengingat patung dibuat menggunakan bahan fiberglass. Seperti pernah saya tulis dalam tutorial cara pembuatan patung fiberglass,  Proses reaksi bahan fiberglass menghasilkan panas, semakin banyak materialnya, semakin tinggi panas yang dihasilkan. Kaitan pembuatan patung cor masive ini, kami harus hati-hati. Suhu tinggi yang dihasilkan bisa membuat patung menjadi retak. Yang kami lakukan adalah memperlambat waktu pengeringan. Sehingga panas bisa terkontrol, dan patung aman dari resiko pecah.

Data teknis Ketiga patung dada tersebut adalah sebagai berikut:
Tinggi Patung: kisaran 60 cm
Material patung: Fiberglass Resin cor penuh
Finishing: cat matte warna putih tulang.
Lama pembuatan: 3 bulan

Patung Pahlawan Jenderal Sudirman

Pembuatan Patung Jenderal Sudirman ini dilakukan atas pesanan Akademi Militer Magelang dan nantinya akan dipajang di Makodam Sriwijaya di Palembang Sumatra Selatan.

Ada dua versi patung Jenderal Sudirman; menggunakan pakaian dinas panglima militer dengan memakai peci/kopiah dan patung Jenderal Sudirman mengenakan pakaian gerilya lapangan berupa mantel panjang dan menggunakan ikat kepala. Yang kami buat adalah patung dada jenderal Sudirman memakai ikat kepala.

Pembuatan patung tokoh militer pejuang kemerdekaan Indonesia ini Waktu penyelesaiannya relatif cepat. Efektif dalam waktu 9 hari, patung sudah dikirimkan ke Palembang, lokasi terakhir dimana patung Jenderal Sudirman ini akan dipajang.

Data Teknis Patung:

  • Tinggi Patung: 90 cm
  • Material: Fiberglass Resin
  • Finishing: Perunggu

Patung Pahlawan Sukarni dan SK Trimurti

Membuat Patung dada (bust) tokoh pahlawan pergerakan pemuda Sukarni dan SK Trimurti merupakan kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh Pengelola Gedung Joang / Museum Joang 45 Jakarta sekitar tahun 2006. Pembuatan patung potret Sukarni dan Sk.TRimurti dimaksudkan sebagai dokumentasi visual dan dijadikan koleksi museum sekaligus penghargaan atas jasa-jasa kedua tokoh tersebut.

Proses pembuatan patung realis kedua tokoh pahlawan nasional ini dilakukan oleh Adi, salah seorang pematung Maladhung Studio (nama lama Lanmak Studio)  selama lebih kurang 4 bulan. Proses pembuatannya diawali dengan pembuatan model patung yang merupakan visualisasi 3 dimensi dari foto-foto kedua tokoh tersebut. Proses modelling patung dilakukan menggunakan media tanah liat dan cetakan dibuat dengan bahan silikon.

Patung Fiber electroplating

Setelah model patung tanah liat mendapatkan persetujuan, maka proses pengecoran patung dilakukan dengan bahan resin talc. Selanjutnya dilakukan finishing electroplating untuk memberikan kesan perunggu.

Bagian pustek atau alas patung dibuat dari kayu jati dengan finishing cat natural.

patung-pahlawan-sukarni

Patung Dada Tokoh Sukarni dan SK. Trimurti kini menjadi koleksi dan bisa disaksikan di Ruang Pameran Museum Joang 45 Jakarta.

Karena keterbatasan dokumentasi, kami saat ini belum bisa memberikan foto-foto dokumentasi pembuatannya.

Data Teknis Patung:

  • Tinggi: 60 cm
  • Jenis: Patung Dada (Bust)
  • Material: Fiber Glass / Resin Talc
  • Finishing: Electroplating
  • Pustek: Kayu Jati

Portfolio lengkap patung dada yang pernah kami kerjakan pembuatannya, silahkan kunjungi halaman facebook  Jasa Pembuatan Patung.

 

Proses pembuatan patung dada
Proses pembuatan patung dada
modelling patung dada
modelling patung dada

1 komentar untuk “Membuat Patung Tokoh Pahlawan”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat